Beauty Talk :: Bingung ini purging atau breakout ya??! Yuk kenali cara membedakannya

     Kalian yang suka ngomongin tentang kecantikan pasti udah ngga asing lagi dengerin orang ngomong kata “PURGING” dan “BREAKOUT”, dan pasti banyak dari kalian yang bingung untuk membedakan mana yang purging dan yang mana breakout. Yap, aku juga pernah bingung sama kaya kalian kok. Karna memang mirip-mirip gitu, sampai aku pernah purging yang aku kira breakout, dan akupun pernah breakout yang aku kira purging.

Nah sebelum aku kasih cara bedainnya, aku mau kasih tau penjelasan singkatnya dulu yaa..


Purging merupakan proses pembersihan kulit dan adaptasi kulit wajah dimana segala masalah kulit seperti minyak, jerawat, komedo, serta kotoran yang menyumbat pori-pori muncul ke permukaan kulit sebelum akhirnya kulit menjadi bersih”
Sedangkan

Breakout merupakan reaksi ketidakocokan kulit terhadap suatu kandungan dalam produk, bisa juga salah satu akibat dari ekfoliasi/exfoliate yang berlebihan sehingga dapat memicu jerawatan dan bruntusan muncul pada kulit wajah”


Sama-sama reaksi yang munculnya itu jerawat yaa, jadi mana yang jerawat purging? Dan mana yang jerawat breakout dong?! 👀 Nah kamu bisa liat tabel dibawah ini



Jadi, kalau yang kamu sedang pakai produk yang biasanya memang tidak mengandung bahan aktif seperti moisturizer, hydrating gel, face wash, cleanser, toner kamu perlu waspada jika mulai muncul jerawat apalagi jika jerawat tersebut munculnya  ditempat yang tidak biasa, bisa jadi kemungkinannya kamu sedang breakout.

Namun jika kamu sedang menggunakan produk yang mengandung bahan tidak aktif, namun muncul jerawat kamu tidak perlu menghentikan pemakiannya, kamu hanya perlu mengurangi pemakaiannya saja. Misalnya kamu pakai setiap pagi dan malam, kamu bisa memakainya menjadi malamnya saja sampai kulit kamu dapat beradaptasi dengan produknya. Namun jika sampai lebih dari 4 minggu jerawat kamu belum kunjung sembuh lebih baik berhenti untuk memakainya.

Semoga penjelasan aku membantu kalian yaa… kalau kalian punya pertanyaan atau mau sharing bareng, kalian bisa langsung tanya aku via e-mail atau DM di instagram ^^ sharing is caring

Love,
Creamycheasy💕




Komentar

  1. Thank you infonya! Membantu banget hehehe ��

    BalasHapus
  2. Oh ya berati kalau lebih 3 minggu breakout ya 😑 terima kasih ya infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sdh lebih dari 3 minggu kamu patut waspada, terutama untuk produk yg ngga bersifat exfoliate,bisa dipastiin kulit km berarti memang ga cocok

      Hapus
  3. Wah bagus banget infonya, yang penting harus lebih selektif dalam membaca ingredients ya.

    pretty-moody.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dear, lebih teliti lagi dan wajib kenalin kulit kita yaa

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Facial Serum WoW Lightening B-erl

My Experience :: IPL (Intense Pulse Light) Treatment Review

Review Hatomugi Skin Conditioner [Review Indonesia]